Senin, 02 Mei 2011

Tips Agar Bisa Menabung


Bagi kebanyakan orang mungkin menabung adalah hal yang sulit. jangankan mau menabung untuk kebutuhan sehari -hari saja susah. Kadang malah menghutang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sebetulnya kalo kita jeli kita bisa mengurangi pengeluaran kita dengan hanya memprioritaskan kebutuhan yang perlu dan memangkas pengeluaran yang gak penting. Dengan begitu kita punya sisa uang untuk investasi atau menabung. Memang memerlukan prinsip mengelola keuangan yang baik, tapi jika anda masih bingung harus memulai darimana, Tips berikut ini mungkin akan membantu anda agar bisa menabung.
- Klasifikasikan pengeluaran anda dengan memilahnya dari utang, kebutuhan pokok,kebutuhan skunder dan kebutuhan tertier
Utang. utang adalah hal pertama yang harus di prioritaskan. Mengapa utang ? karena utang adalah kewajiban yang akan mengganggu dan menggrogoti pendapatan anda jika tidak segera di lunasi. Utang baik utang dari cicilan barang /kendaraan atau kartu kredit biasanya menggunakan bunga, yang apabila tidak segera dilunasi maka bunga itu akan terus bertambah.
kebutuhan pokok, kebutuhan pokok/primer adalah kebutuhan yang harus kita penuhi agar kita dapat berlangsung hidup, yaitu makan, pakaian dan tempat tinggal (kontrakan).
Kebutuhan skunder, yaitu kebutuhan yang harus terpenuhi tapi masih bisa di tunda. contohnya rekreasi
kebutuhan tertier, yaitu kebutuhan yang hanya bersifat kesenangan. Kebutuhan jenis ini yang seharusnya kita bisa pangkas.
Setelah memangkas kebutuhan yang tidak perlu kita bisa tahu berapa jumlah uang yang bisa kita tabungkan.
- Sisihkan pertama kali uang anda untuk menabung. Ketika kita mendapatkan uang, pertama kali yang harus kita lakukan adalah menyisihkan uang tersebut untuk di tabung dan jangan sampai menabung dari sisa uang bulanan anda.
- Disiplin dan konsisten dengan target menabung anda. Disiplin adalah hal yang sulit, tapi buah dari kesabaran dan kedisplinan akan berbuah manis.
- Jika anda bisa kesulitan untuk disiplin, anda bisa mengikuti program tabungan autodebet dari Bank. Dalam program ini uang anda akan akan otomatis terpotong ke untuk dimasukan ke program tersebut. Banyak istilah yang digunakan seperti tabungan pendidikan, tabungan masa depan dan sebagainya.
Mungkin cara di atas sedikit membantu anda agar anda bisa menabung , akhir kata saya ucapkan selamat menabung !.

Sumber: www.firdana.com

0 comments:

Posting Komentar